Setelah memilih teknik sampel yang akan digunakan, langkah selanjutnya
adalah menentukan jumlah sampel. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 252
responden. Dalam penelitian ini penentuan jumlah sampel didapatkan melalui
pertimbangan tinjauan literatur. Terdapat tiga alasan mengapa peneliti memilih
menggunakan 252 responden dalam penelitian ini.
Alasan pertama, karena
jumlah sampel yang banyak (diatas 100 responden), dapat digunakan sebagai alat
untuk pengelompokan ulang variabel dan subvariabel. Apabila terdapat hubungan
antara variabel dan subvariabel sebagai perubahan indikator yang cukup mendasar
(Jasfar, 2011: 50). Alasan kedua, karena penelitian ini menggunakan metode
analisis regresi dan SEM. Menurut Malhotra (2010, 731), penelitian yang
menggunakan metode analisis regresi dan SEM jumlah sampelnya berkisar antara
200 hingga 400 responden. Alasan ketiga, menurut Aaker, Kumar, Day, dan Leone
(2011: 359) jumlah sampel dapat ditentukan dengan cara mengambil rata-rata
jumlah responden. Jumlah sampel rata-rata yang digunakan pada penelitian
komitmen terhadap merek dapat dilihat pada tabel berikut ini (Tabel 3.7).
Peneliti (tahun)
|
Jumlah Sampel
|
Srivastava
dan Owens (2010)
|
125
|
Eisingerich dan Rubera (2010)
|
397
|
Tocquer dan Kimpakorn (2007)
|
280
|
Kim, Ahn, dan Hur (2011)
|
200
|
Nikfar, Asadollahi, dan Allahabadi (2011)
|
330
|
Walsh, Winterich, dan Mittal (2011)
|
272
|
Bouhlel, Mzoughi, Hadiji, dan Slimane
(2009)
|
380
|
Patel, Gadhavi dan Shukla (2011)
|
103
|
Shaari, Salleh dan Hussin (2012)
|
200
|
Zhou, Su, dan Zheng (2012)
|
323
|
Broderick (2007)
|
300
|
Lee dan Kang (2012)
|
169
|
King dan Grace (2012)
|
371
|
Kem dan Bui (2011)
|
217
|
Louis dan Lombart (2010)
|
348
|
Rata-rata
|
252
|
Tabel 3.7 Jumlah sampel rata-rata penelitian sejenis
Sumber:
Dirangkum dari nama-nama peneliti diatas