Sabtu, 06 Februari 2016

Uji Instrument Penelitian

Uji Instrumen Penelitian
1. Uji Validitas
Menurut Hair et al (2010  : 126) adalah “Set of measure accurately represent the concept of interest.” Uji validitas merupakan pengujian yang dilakukan untuk mengetahui apakah butir-butir pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner tepat menjawab apa yang hendak diteliti oleh variabel tersebut.
Pengujian ini dapat dilakukan dengan membandingkan hasil r hitung dengan r tabel (kritis), dimana nilai r tabel dicari dengan nilai df dengan rumus df = n – (k+1) pada tingkat alpha yang ditentukan (Hair et al., 2010 : 176) Jika r hitung > r tabel, maka butir atau pertanyaan tersebut valid. Jika r hitung < r tabel, maka butir atau pertanyaan tersebut tidak valid.

2  Uji Reliabilitas
Uji reliabilitas menurut Hair et al (2010 : 125) “An assessment of the degree
of consistency between multiple measurement of a variable.” Uji reliabilitas merupakan pengujian yang dilakukan untuk mengetahui apakah butir-butir pertanyaan di dalam kuisioner dapat menghasilkan jawaban yang konsisten dari waktu ke waktu.

Pengujian ini dapat dilakukan dengan membandingkan hasil cronbach alpha dengan 0,60 sebagai batasannya jika nilai cronbach alpha  0,60 maka variabel tersebut reliable, sehingga butir- butir kuesioner tersebut dapat digunakan, karena dapat mengukur jawaban responden secara konsisten dari waktu ke waktu (Hair et al, 2010 : 125).

Jika anda ingin lebih mengetahui lagi mengenai cara melakukan kedua uji ini di program SPSS maka anda boleh membaca tulisan ini